Senin, 07 April 2008

Pertukaran Budaya di Nadi Wafidin

Oleh Aprina Levy Wulandari
Nampaknya Indonesia yang selama ini diberitakan mempunyai banyak sekali kebudayaan dapat di buktikan sekarang. Pada tanggal 16-19 Maret 2008 bertempat di Nadi Wafidin, ramsies diadakan pekan budaya. Hari pertama ditampilakan budaya Arab Saudi, hari selanjutnya di tampilkan penampilan budaya Indonesia dengan menampilkan tarian dan penampilan budaya daerah. Selain tari saman, sebuah tarian dari KMJ menjadi penampilan menarik untuk ditonton. gamelan KPMJB yang menampilakan suatu ciri khas dari budaya sunda ini juga menampilkan penampilan yang cukup menarik. Juga terdapat tarian dari para pelajar SIC. Dari penampilan budaya yang ditampilkan ini juga yang akhirnya mengantarkan Indonesia maju sebagai pemenang dalam moment yang diadakan satu tahun sekali ini.

Selain penampilan dibuka juga stand yang memamerkan ciri khas dan budaya Indonesia, seperti baju adat daerah juga promosi Wisata. selain itu dipajang juga Foto presiden dan wakil presiden RI. Sedangkan negara lain juga memperkenalkan budayanya masing-masing. Siria, Malaysia, juga dari beberapa negara baik dikawasan Arab maupun Asia. Dari acara ini juga banyak manfaat yang bisa diambil yaitu kita dapat menanyakan dan melihat langsung budaya luar, dari sini juag dapat menumbuhkan rasa toleransi kita, karena bedanya budaya yang menyebabkan berbeda adat dan Istiadat. Semoga acara perrukaran budaya pada tahun depan dapat kembali di menangkan oleh Indonesia dengan keanekragaman budaya yang kita miliki.


Pekan Pertukaran budaya di univrsitas Ain Syam
Oleh Aprina Levy Wulandari
Dari tanggal 31 Maret hingga 9 April 2008 di Universitas Ain Syam didakan acara rutin tahunan, yaitu pertukaran budaya. Acara yang dibuka pada tanggal 31 Maret 2008 ini benar-benar sangat meriah. Opening ceremony yang didatangi langsung oleh para rektor universitas dan para Duta Besar negara peserta. Rupanya perhatian Universitas ini terhadap budaya sangat besar ini terbuki dengan keseriusan panitia dan antusias para pelajar yang tinggi. Banyaknya Maahsiswa yang datang ke stand budaya negara benar-benar dimanfaatkan dengan baik,bertanya, mereka juga mencoba mencari informasi dari iklan dan selebaran maupun promosi budaya yang diadkan di setiap stan.

Tidak jauh beda dengan negara lainnya. stand Indonesia yang dibatasi oleh triplek bergambar candi borobudur ini juga banyak digemari oleh para mahasiswa. Gamelan yang dimainkan oleh para anggota KPMJB ini cukup menarik perharian. Mula-mula hanya satu dua orang, tetapi rupanya mahasiswa lain tidak dapat menahan rasa ingin tahunya untuk dapat memaikan alat musik yang ada. Selain suling, gitar, kecapi, goong beberapa alat musik lainya harus rela digilir agar mahasiswa mesir itu dapat memainkannya. Bagi yang ingin mengunjungi secara langsung acara ini, silahkan datang ke Universitas yang mempunyai kampus yang asri ini di kawasan Abasiyah. Ketika sampai disana langsung masuk ke kuliyah alsun, maka anda akan dapatkan beberapa stand budaya, seprti stand Saudi Arabiya, turki, sudan, pakistan, India, Mesir, dan negara lainnya. Acara ini akan berakhir pada tanggal 9 Maret 2008. [ALW]

1 Komentar:

Pada 18 Juli 2008 pukul 05.58 , Blogger Lampoih Saka mengatakan...

Ingin Membuat Website Kekeluargaan / ALmamater / Marhalah / Pribadi maupun Organisasi dgn harga terjangkau hubungi kami 0103948932 atau YM mudies_05@yahoo.com thanks contoh hasil website buatan kami www.kmamesir.com dan http://nofiyanti.info

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda