Rabu, 24 Oktober 2007

Selintas tentang WIHDAH-PPMI 2006-2008

Makkeyyah Zaedan

Ramadhan telah berlalu, begitu juga dengan WIHDAH-PPMI Periode 2006-2008 banyak agenda atau program kegiatannya yang sudah kita lalui. Dari sebelum datangnya Ramadhan WIHDAH sudah menyuguhkan acara Pelatihan Tata Rias serta Seminar Kesehatan Kulit dan Gigi yang diadakan oleh Bidang Minat dan Bakat WIHDAH-PPMI 2006-2008. Acara ini banyak dihadiri oleh anggota WIHDAH dari berbagai utusan Keputrian Kekeluargaan, Afiliatif, juga dohadiri oleh Ibu-ibu Darmawanita KBRI.

Lalu di penghujung Ramadhan, WIHDAH mengadakan acara KALIMAH (Kajian Literatur Muslimah) serta Ifthor Jama’i, dan tak ketinggalan pula ada penampilan seni dari Mahasiswi dan pembagian Musa’adah dari beberapa Muhsinin Mesir yang berlangsung selama dua hari. Acara Kalimah ini dipelopori oleh Bidang Intelektual WIHDAH-PPMI 2006-2008, kemasan acaranya yaitu Bedah Buku yang berjudul “Difaa’an ‘an al-Mar’ah” karya Dr. Jabir Ashfour, dengan pembedah Ustzh. Hayati Fasiha, Lc, yang menyoroti tentang syubhat dan tuduhan wanita dalam gerakan feminisme. Pada hari keduanya buku yang dibedah berjudul “Atsar al-‘Urf fi Fahm al-Nushus” karya Dr. Ruqayyah Thaha Jabir Ulwani yang mengungkap tentang Islam, adat dan feminisme perempuan. Di acara KALIMAH ini dihadiri oleh sekitar 200 orang tiap harinya, dan tercatat juga bahwa di acara ini, agenda WIHDAH yang paling banyak dihadiri oleh peserta. Semoga tidak di acara ini saja, acara-acara WIHDAH selanjutnya mudah-mudahan dihadiri oleh banyak peserta dan lebih meriah lagi.

Tak ketinggalan pula, dari Bidang Publikasi dan Penerbitan WIHDAH-PPMI 2006-2008 melaksanakan program-programnya. Mulai dari pengadaan Kalender kerjasama dengan PPMI dan BWAKM sampai sekarang kami dalam proses pengadaan Jurnal WIHDAH-PPMI kerjasama dengan bidang Intelektual WIHDAH. Bidang Publikasi dan Penerbitan ini tidak sama dengan bidang-bidang di WIHDAH yang lainnya, yang mengadakan sebuah acara yang sesuai dengan bidangnya. Kalau di bidang ini apapun yang kita kerjakan programnya, mungkin tidak terlihat oleh kawan-kawan putri seperti agenda atau acara yang dilaksanakan oleh bidang yang lainnya, tapi sebatas hanya dirasakan. Karena bidang ini khusus mempublikasikan setiap acara yang dilaksanakan oleh WIHDAH-PPMI dan menyuguhkan atau menginformasikan info penting kepada seluruh Pelajar dan Mahasiswi Indonesia di Mesir melalui pamflet, Maling List, Website dan sebagainya.

Tidak bisa kita pungkiri, setiap organisasi atau kepanitiaan pasti akan butuh dengan satu bagian ini yaitu Publikasi dan Penerbitan atau semacamnya. Jika tidak ada bagain ini acara atau organisasi yang ada tidak mungkin berjalan dengan lancar. Karena suatu organisasi atau kepanitiaan bergantung juga dengan bagian Publikasi yang bertugas untuk mempublikasikan acara, kegiatan, atau program-program yang akan dilaksanakan suatu organisasi atau kepanitiaan tersebut. Bukan bagian Publikasi saja, tapi bagian-bagian yang lainnya juga sangat dibutuhkan bagi sebuah organisasi atau kepanitiaan. Karena semua bagian tersebut saling melengkapi. Jadi saya ibaratkan kalau satu bagian tidak terdapat di sebuah organisasi atau kepanitiaan tersebut seperti bangunan rumah kurang satu bagiannya, misalnya tidak ada pondasinya, atau tidak ada jendelanya. Bangunan tersebut pasti akan terlihat cacat. Begitu juga dengan organisasi atau kepanitiaan jika tidak memiliki salah satu bagian yang akan menopang organisasinya atau kepanitiaannya maka akan cacat atau roboh.

WIHDAH-PPMI sebagai induk organisasi Mahasiswi yang besar dikalangan Masisir, sudah pasti akan membutuhkan bidang Publikasi dan Penerbitan yang akan mmbantu atas program kegiatan yang akan diadakan oleh bidang-bidang WIHDAH-PPMI. Karena sebuah program kegiatan juga tergantung atas bagian ini. Jika publikasinya tidak berjalan dengan lancar maka program atau kegiatan yang diadakan WIHDAH juga tidak berjalan lancar.

Kami dari bidang Publikasi dan Penerbitan WIHDAH-PPMI periode 2006-2008 sudah sekuat tenaga kami dikerahkan untuk mempublikasikan atau menerbitkan segala sesuatu yang terjadi dikalangan Mahasiswi kita atau program kegiatan yang diadakan oleh induk organisasi Mahasiswi ini. Kami mempublikasikan dan menerbitkan program kegiatan WIHDAH melalui pamflet-pemflet, tapi kadang-kadang dengan pamflet saja tidak cukup untuk mempublikasikan suatu acara atau program yang dilaksanakan WIHDAH, diakrenakan keterbatasan kami untuk menyebarkan pamflet tersebut dan juga tempat tinggalnya Mahasiswi yang terpencar dimana-mana. Jadi, selain dengan pamflet kami menggunakan juga dengan teknologi dunia maya. Seperti, melalui Mailing List WIHDAH-PPMI dan website. Alhamdulillah dengan Mailing List dapat membantu mempublikasikan acara atau program kegatannya WIHDAH. Walaupun belum semua Anggota WIHDAH bergabung dengan Mailing List WIHDAH ini, dikarenakan keterbatasan kami mengetahui E-Mail para Anggota WIHDAH. Tapi, kami sudah berusaha semaksimal mungkin dalam pencarian dan pendataan E-Mail para Anggota WIHDAH. Dalam hal ini kami kerjasama dengan tiap Kekeluargaan dalam pendataan anggota Keputrian sekaligus E-Mail mereka di tiap Kekeluargaan.

Begitu halnya dengan pengoptimalan website WIHDAH-PPMI, kami juga mengalami kendala dan hambatannya. Karena kami juga masih “Gaptek” yaitu Gagap Teknologi dalam hal desain website. Diwebsite ini kami baru menggunakan sebatas blog saja. Karena kami masih dalam tahap pembelajaran. Walaupun begitu, kami banyak dukungan dari kawan-kawan Masisir yang peduli dengan kemajuan WIHDAH-PPMI. Banyak saran dan kritik yang kami terima dari kawan-kawan Masisir yang mebuat kami semakin berpacu dan semangat dalam memajukan WIHDAH untuk mempublikasikan semua program kegiatan WIHDAH tidak sebatas hanya pamflet saja, tapi dengan teknologi yang lainnya. Karena kami juga harus mengikuti arus perkembangan teknologi yang makin maju. Walau kami perempuan dan masih “Gaptek”, kami tidak mundur dengan makin berkembangnya teknologi di zaman saat ini. Tapi, justru kami harus belajar, belajar dan belajar agar tidak ketinggalan zaman yang sekarang sudah semakin pesat.

Selain mempublikasikan program kegiatan WIHDAH-PPMI, Bidang Publikasi dan Penerbitan akan menerbitkan jurnal tiga bulanan QATHRUNNADA WIHDAH-PPMI yang kerjasama dengan Bidang Intelektual. Dalam jurnal ini kami ingim membuktikan bahwa dunia Jurnalistik Mahasiswi semakin maju. Dan juga dengan jurnal ini kami ingin meningkatkan budaya cinta tulis dalam kalangan Mahasiswi kita.

“Tak ada Gading yang Tak Retak”, kami dan kawan-kawan di bidang lainnya hanya bisa merencanakan program dan melaksanakan sesuai dengan kemampuan kami. Jika disana-sini ada halangan, hambatan, cacat, kekurangan dan sebagainya, itulah kami juga Manusia pasti ada kekurangannya. Tapi kami semua akan berusaha semaksimal mungkin untuk kemajuan kita bersama. karena dari WIHDAH, untuk WIHDAH dan oleh WIHDAH. Bravo WIHDAH!

*Bid. Publikasi dan Penerbitan WIHDAH-PPMI 2006-2008

Tulisan ini pernah dimuat di buletin Citra WIHDAH-PPMI

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda